Struktur Kurikulum

STRUKTUR KURIKULUM DINIYAH – AWALIYAH
No
KOMPONEN
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
I
II
III
IV
A.
MATA PELAJARAN




1
Qur’an – Hadits
4
4
8
8
2
Aqidah – Akhlak
4
4
2
2
3
Fiqih – Ibadah
4
4
2
2
4
SKI
2
2
2
2
5
Bahasa Arab
2
2
2
2
6
Praktik Ibadah
2
2
2
2
B.
MUATAN LOKAL

a. Iqro/ Qitada/ Amsilaty
2
2
2
2

b. Keterampilan
2
2
2
2

c. Komputer
 2
 2
C.
PENGEMBANGAN DIRI
*2
*2
*2
*2
Jumlah
26
26
28
28

Keterangan :
·           *) equivalen 2 jam pelajaran
·           **) Alokasi 1 jam pelajaran kelas 1 dan 2 adalah @ 30 menit
Alokasi 1 jam pelajaran kelas 3 dan 4 adalah @ 40 menit

Muatan Kurikulum

Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didiksantri pada satuan pendidikan, disamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.

1. Mata Pelajaran
a. Al-Qur’an – Hadits
b. Aqidah – Akhlak
c. Fiqih – Ibadah
d. SKI
e. Bahasa Arab
f. Praktek Ibadah

2. Muatan Lokal
a. Iqro/Qitada/ Amsilaty
b. Kaligrafi 

c. Komputer
d. Futsal
e. Keterampilan
f. Marawis/ Rebana
g. Musik/ Puisi Islami
h. Olahraga, Renang

3. Pengembangan Diri
1. Pembentukan Karakter melalui pembiasaan dalam kegiatan :
1) Rutin
a. Menyimak bacaan surat pendek dalam Al-Quran sebelum mulai proses pembelajaran.
b. Berdo’a sebelum dan sesudah belajar,
c. Pemeriksaan kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sebelum masuk kelas,
d. Membersihkan kelas dan halaman madrasah sebelum dan sesudah poses belajar Mengajar,
e. Iqro/ Al-Qur'an

2) Terprogram
a. Kegiatan Pesantren Kilat di sekolah setiap bulan ramadhan minggu ke-2 dan ke-3.
b. Pekan Kreativitas dan Olahraga antar kelas dan antar madrasah diniyah
c. Peringatan Hari-Hari Besar Nasional dan Keagamaan
d. Studi Banding

3) Spontan
a. Memberi salam dan mau mengakui kesalahan.
b. Terbiasa hidup bersih, rapih, teratur, dan tertib.
c. Menumbuhkan budaya membuang sampah pada tempatnya.
d. Membiasakan masuk kelas secara antri.
e. Menumbuhkan rasa saling tolong sesama teman.
f. Membaca, menulis, dan berdiskusi.